Dengan Google Earth Raup Uang Rp. 1,6 M [?]

google-earthRaup Rp. 1,6 M berkat Google Earth, demikian salah satu judul berita yang muncul di pojak kanan halaman depan Surat Kabar Harian Banjarmasin Post hari ini (17/03/2009), penasaran juga dengan judul berita tersebut L , dibenak julak timbul pertanyaan, apakah sekarang Paman Google telah mengubah Google Earth menjadi program periklanan semacam Google Adsense?, bagaimana caranya untuk mendapatkan uang dengan Google Earth? Setidaknya itulah yang ada dipikiran julak yang sampai saat ini mencoba melakoni monetizing blog dengan program Adsense-nya Google dan masih belum dapat kiriman apa-apa dari Paman Google.

Lebih lanjut setelah membaca isi berita tersebut ternyata memang benar Google Earth bisa mengahasilkan uang Rp. 1,6 M (GBP 100,000) setidaknya bagi Tom Berge (27 thn), ia telah memanfaatkan teknologi Google Earth untuk mempermudah usahanya, apa usaha Tom Berge? Ternyata usahanya adalah mencuri (alias maling) timah atap gedung-gedung populer di London.

Dalam melakukan usahanya Tom Berge tidak perlu repot-repot untuk menentukan targetnya (timah rangka atap gedung), dari rumahnya cukup sekali mengklik dia sudah mendapatkan tampilan udara Kota London, lengkap dengan bangunan-bangunan ternama, mulai sekolah, museum hingga gereja beserta jenis atapnya. Kemudian dengan hanya beberapa kali klik pada Google Earth dia sanggup mengidentifikasi jenis logam, kandungan timah dari kerangka atap bangunan tersebut. Berdasarkan hasil identifikasi tersebut Tom Berge menyusun skenario aksinya.

Tercatat dalam aksinya selama enam bulan Tom Berge sukses mencuri timah atap gedung Honeywood Museum di Carshalton, Sutton High School for Girl dan Croydon Parish Church dan menjualnya kepada penadah logam curian dengan meraup keuntungan Rp. 1,6 M sebelum akhirnya ditangkap.

Ada yang mau manfaatkan teknologi Google Earth seperti Tom Berge ?

%d blogger menyukai ini: