BUMI DI AMBANG KEHANCURAN

Ancaman pemanasan global bukan isapan jempol semata.  Penelitian baru menunjukan suhu dunia bisa naik drastis pada abad ini. Kenaikan suhu itu bisa mengancam ribuan orang.  Bumi berada di ujung  kehancuran.

Menurut laporan yang dipublikasikan The Telegraph, jika tidak ada langkah drastis, maka suhu bisa naik 7,4 derajat celcius pada tahun 2100 dibandingkan level pada tahun 2000. Sebelumnya suhu bumi disebut-sebut naik hanya 2.4 derajat celcius.

Penelitian yang dilakukan oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT) mengenai pemanasan global dari berbagai factor.  MIT memasukan perkiraan pertumbuhan  ekonomi di negara  berkembang.  Selain informasi baru efek emisi karbon pada proses biologis, juga kapasitas laut menyerap gas rumah kaca.

Penulis laporan itu, Ronald Prinn, mengatakan temperature bumi kemungkinan naik 5,2 derajat celcius pada abad ini.  Tapi 90 persen ada kemungkinan temperature berubah 3,5 derajat celcius hingga 7,4 derajat celcius.

“Secara keseluruhan dampak pemanasan global lebih besar resikonya dari perkiraan sebelumnya.  Perlu langkah tegas. Tidak mungkin dunia akan mampu mengahadapi resiko kenaikan suhu itu”, kata Prinn.

Penggiat iklim dunia Tom Picken menambahkan jika hasil penelitian baru dari MIT itu akurat, maka planet bumi bisa mengalami bencana besar. Kenaikan suhu 7,4 derajat celcius bisa berarti terjadi kerusakan ekosistim diseluruh dunia dan ekonomi akan kolaps diberbagai wilayah demikian Picken

Sumber :  BanjarmasinPost 25/05/09

%d blogger menyukai ini: